Pages

Saturday, April 9, 2011

Analisis Proses Umum dalam Suatu Hubungan Percintaan di Zaman Modern

Oke, disini saya akan mengungkapkan dan menganalisis apa yang biasanya terjadi pada sebuah hubungan/relationship antara laki-laki dan perempuan. Saya hanya membatasi bahasan pada hubungan yang disebut sebagai "pacaran".
Proses awal dari sebuah hubungan selalu diawali dengan
perkenalan. Ada banyak macamnya digolongkan berdasarkan cara berkenalan namun kita tidak membahas itu. Yang saya bahas disini adalah ketika seorang cowok langsung tertarik kepada seorang cewek yang baru saja dikenalnya, dalam pikirannya akan ada keinginan untuk memiliki gadis ini yang menurut dia "berharga". Setelah mempunyai pemikiran seperti itu, dia akan melakukan beberapa "usaha" untuk mendekati sang cewek sembari berkenalan. Ada yang show off/menunjukkan kehebatannya/pamer supaya si cewek terkesan, ada yang sok baik, ada yang sok alim, sok perhatian, ada juga yang berbicara/bercerita omong kosong supaya si cewek tertarik, dan lain-lain (mungkin kalo kalian punya contoh yang lain bisa ditulis di komentar nanti akan saya muat).
Intinya, semenjak awal berkenalan, si cowok HANYA memikirkan bagaimana cara mendapatkan si cewek dengan SEGALA CARA. Si cowok tidak memikirkan untuk JADI DIRI SENDIRI APA ADANYA. Bahkan JARANG SEKALI ada perkenalan yang LANGSUNG mengutarakan keinginan untuk menjadi pacarnya. Kebanyakan mereka menyembunyikan motif itu karena TAKUT KEHILANGAN si cewek. Padahal itu JUJUR dan DIRECT, perbuatan yang SANGAT TERPUJI dan TIDAK MENYAKITI SIAPAPUN.
Setelah berkenalan biasanya dapat nomor teleponnya si cewek. Tapi banyak juga yang nggak berani kenalan langsung melainkan minta nomor dari sumber yang lain, contoh: sahabatnya, arsip-arsip kontak, dll.. Setelah mendapatkan nomor yang bisa dihubungi, proses pendekatan/PDKT/pedekate berlanjut ke tahap berikutnya yaitu telepon/smsan. Memang sudah bawaan dari awal perkenalan dan mindsetnya pun tidak berubah. Si cowok tetap berusaha agar tidak kehilangan sang target dengan MENGHALALKAN SEGALA CARA. Dan mereka TETAP menjadi sosok yang sama seperti pada saat berkenalan. Yaitu mencitrakan diri sebagai cowok baik-baik (innocent). Biasa lah, si cowok tidak ingin kalau imejnya jelek di mata cewek, supaya mereka tidak ilfil dan lari tentunya. Saya pun juga begitu. Tidak ingin terlihat rendah di mata cewek. Disini juga biasanya si cowok mengeluarkan rayuan-rayuannya. Ada yang berpuisi, ada yang menyanyikan sebuah lagu (kalo banyak-banyak ya capek lah), ada yang sok bijak, ada yang memuji (seringkali berlebihan), ada yang menunjukkan rasa sukanya (ini juga biasanya berlebihan), ada yang bercerita, ada yang mengeluarkan joke-joke, dsb.. Sama, saya juga suka menggoda, tidak hanya ke 1-2 cewek, tapi BANYAK.
Bersamaan dengan tahap smsan, si cowok juga melakukan pendekatan dengan cara lain. Si cowok akan menunjukkan betapa berharganya si cewek bagi si cowok. Dia akan menunjukkan pengorbanan yang LUAR BIASA, bahkan yang tidak pernah mereka lakukan untuk kedua orangtuanya. Si cowok akan memberikan APA SAJA yang diinginkan si cewek. Harta, kehormatan, rumah, mobil, dll.. Suatu hal yang tidak ia berikan kepada sahabatnya juga kepada orang yang paling berjasa bagi hidupnya. Si cowok akan memuji dan memuja si cewek dan merendahkan dirinya sendiri untuk membuat hati sang wanita melayang. Suatu hal yang tidak mereka lakukan untuk Tuhan mereka. Si cowok akan tetap memamerkan segala apa yang dia punya (padahal dia merendahkan diri di hadapan cewek) untuk membuktikan bahwa dia PANTAS untuk DIPILIH. Disini biasanya si cewek akan mengaudisi si cowok. Bila si cewek terkesan, biasanya rasa suka akan bertambah, bila tidak maka rasa suka akan tetap saja atau malah jadi ilfil. Dan tidak lupa pula si cowok akan selalu dan selalu meyakinkan sang cewek bahwa sang cewek lah SATU-SATUNYA yang ada di hati sang cowok. Dengan kata lain dia akan menyatakan bahwa dia cowok yang SETIA, entah itu JUJUR atau bohong. (kalau ada yang "usaha" terlewatkan mohon dikoreksi ya)
Sampai di proses PDKT ini biasanya sang cowok masih belum tahu/belum yakin kalau sang cewek akan MEMILIHNYA atau tidak. Merasa ingin tahu apakah usahanya selama ini sia-sia atau membuahkan hasil dan tidak ingin KEHILANGAN wanita yang selama ini dianggap terlalu lama dikejar-kejarnya, maka si cowok akan menembak sang cewek.
Disinilah sang cowok BARU MENYATAKAN MAKSUD dari apa yang ia lakukan selama ini. Dan disini juga dia menanyakan keputusan sang cewek apakah sang cowok PANTAS untuk menjadi pacar dari sang cewek. Kata-kata yang paling sering diucapkan adalah, "Aku cinta kamu. Kamu mau nggak jadi pacarku?" Mungkin ada berbagai macam variasi tapi intinya sama.
Kemungkinan diterima dan ditolak adalah 50-50. Karena kalau proses PDKTnya seperti ini maka tidak ada jaminan pasti diterima.
Nah, setelah itu kita akan membahas proses relationship selanjutnya bila cintanya diterima, yaitu proses berpacaran.

To be continued.

No comments:

Post a Comment